Presiden Jokowi Cerita Ditakut-takuti Saat Akan Ambil Alih Freeport

  • Whatsapp
presiden joko widodo
Presiden menyampaikan sambutan pada acara HUT PSI, 22 Desember 2021 (Foto: Tangkapan Layar Kanal Youtube Partai Solidaritas Indonesia)

JAKARTA, RAGAMKABAR.COM – Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengaku mendapat cerita yang cenderung membuatnya pesimis dan menakut-nakuti saat akan mengambil alih saham mayoritas Freeport di Papua. Ini diungkapkan Jokowi saat menyampaikan pidato dalam acara peringatan HUT Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Rabu (22/12/2021).

“Kadang-kadang ini kita terbayang-bayang oleh ketakutan kita sendiri. Dulu waktu kita mau ambil Freeport kembali mayoritas, informasi yang saya terima memang semuanya menakutkan, menakutkan semuanya. Nanti Papua akan guncang, Papua akan lepas, Amerika akan marah. Sampai tiga tahun kita kerja ini dan menterinya maju, mundur, maju, mundur. Maju, saya gitukan. Jangan maju, mundur, maju, mundur. Maju. Ya memang ngeri, karena ini memang sudah 41 tahun Freeport itu. Ternyata ya enggak ada apa-apanya, padahal kita beli juga enggak pakai uang. Kita pakai uangnya dia, beli. Beli Freeport itu bukan dari uangnya APBN juga bukan, dari uangnya BUMN juga ndak,” sampai Presiden Jokowi.

Ia menambahkan, dengan kembalinya Freeport ke pangkuan Ibu Pertiwi, Indonesia berpotensi mendapat untung 5 Miliar Dollar AS.

“Paling itu kalau mau, dalam tiga tahun sudah balik sekarang 5 miliar dolar AS lebih sedikit. Tahun depannya kalau mau kita lepas lagi, kita sudah untungnya gede banget, sudah balik. Tapi ndak, ini sudah mayoritas, yang menentukan kita,” imbuhnya.

Sebelumnya memiliki saham mayoritas di PT Freeport Indonesia, Jokowi menuturkan, sangat sulit meminta Freeport membangun smelter. Namun, saat ini beberapa smelter sudah mulai dibangun.

“Dulu suruh bikin smelter saja berpuluh-puluh tahun enggak, geleng-geleng terus. Sekarang enggak bisa, kita sudah 51 persen. Bikin smelter, langsung nyatanya saya perintah di Gresik sudah langsung dimulai, karena memang pemiliknya kita sekarang,” terangnya.

(red)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.