Penting! Ini Tips Memilih Pinjaman Online

  • Whatsapp
ilustrasi uang
Ilustrasi

RAGAMKABAR.COM – Penting! Saat ini pinjaman online menjadi salah satu alternatif ketika kebutuhan biaya yang mendesak, namun tahukah Anda tips memilih aplikasi pinjaman online? Atau hanya sekadar ikut – ikut orang lain saja?

Pasalnya, mengajukan kredit online seperti ini resikonya sangat besar. Terlebih ada oknum nakal yang justru memanfaatkan momen tersebut untuk menipu orang.

Nah, agar Anda tidak mengalami hal serupa. Penting untuk mengetahui tips memilih aplikasi pinjaman online yang terpercaya. Langsung saja simak tips memilih aplikasi pinjaman online untuk pengajuan kredit Anda.

6 Tips Memilih Aplikasi Pinjaman Online

Berikut ini beberapa tips yang bisa Anda lakukan sebelum memilih platform pinjol.

1. Aman & Terdaftar di OJK
Memilih platform fintech seperti ini salah satu caranya bisa dimulai dari izin usahanya Yaitu sudah mendapat izin dan terdaftar di OJK. Hal tersebut merupakan yang harus ada pada aplikasi pinjol.

Untuk memastikan lagi, Anda bisa mengeceknya sendiri di situs resmi OJK, dan lihat apakah ada aplikasi yang Anda pilih atau tidak.

2. Aplikasi & Website Terjamin Aman
Tidak hanya aman dan terdaftar di OJK, tapi juga aman terhadap kejahatan teknologi, seperti cyber crime. Mengapa hal ini penting? Karena nantinya pasti ada data Anda dan pengguna lain.

Jika aplikasi dan website nya tidak aman, maka akan lebih mudah tercuri datanya oleh oknum tidak bertanggung jawab. Salah satu kriteria jika sudah aman adalah mendapatkan sertifikasi ISO dan diawasi KOMINFO.

3. Pahami Jenis Produk Pinjaman
Saat hendak mengajukan pinjaman, penting untuk mengetahui segala jenis produknya untuk menghindari miss komunikasi di tengah jalan.

Jenis pinjaman online sendiri bermacam – macam, ada yang tergantung masa tenornya, besaran dananya, bunga pinjamannya dan masih banyak lagi.

4. Ketahui Suku Bunga & Biaya Tambahan
Tips memilih aplikasi pinjaman online selanjutnya adalah pahami suku bunganya. Apabila Anda sudah memilih produk pinjamannya, setelah itu ketahui suku bunga yang diberikan. Semakin besar bunganya maka semakin besar juga cicilan yang harus Anda bayar.

Selain cicilan yang harus dibayar tiap bulan, perhatikan pula apakah ada tambahan biaya lain. Biasanya seperti biaya admin, biaya denda ataupun yang lain. Jika aplikasi tersebut terpercaya, seharusnya mereka sudah memberikan infonya secara transparan di awal.

5. Layanan Konsumen yang Cepat
Dalam menggunakan aplikasi seringkali kita menemukan kendala atau kesalahan teknis. Ketika mendapatkan masalah tentu kita akan langsung menanyakannya ke customer service.

Oleh karena itu dalam memilih aplikasi pinjol pastikan mereka memiliki layanan yang fast respon. Jangan lupa cek apakah nomor telepon dan email nya dapat dihubungi.

6. Perhatikan Kecepatan Pencairan
Setiap aplikasi pinjaman online memiliki aturan pencairan dana yang berbeda – beda. Ada yang tidak sampai 1 hari sudah cair atau bahkan ada yang membutuhkan 1 minggu kerja untuk mencairkan dana nya.

Maka dari itu, Anda harus pahami betul kira – kira berapa hari kerja yang dibutuhkan mereka untuk mencairkan pengajuan pinjamannya. Lihat juga apakah mereka menepati sesuai kesepakatan atau tidak.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.