Segini Gaji Anggota DPR RI, Berikut Tunjangan dan Dana Aspirasinya

  • Whatsapp
anggota DPR Krisdayanti
Krisdayanti (Foto: Suara.com)

RAGAMKABAR.COM – Seorang anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang berkantor di Senayan, Jakarta sudah dipastikan menerima gaji dan tunjangan senilai Rp 75 Juta per bulan. Itu belum termasuk pemasukan lain, seperti pendampingan dana aspirasi.

Anggota DPR RI dari PDI Perjuangan Krisdayanti yang masih dikenal sebagai diva Indonesia ini menungkapkan gaji ia terima setiap tangggal 1 setiap bulannya. Gaji yang ia terima senilai Rp 16 Juta. Kemudian, pada tanggal 5 anggota DPR akan menerima tunjangan senilai Rp 59 Juta.

Ia tidak merinci jenis tunjangan tersebut. Apakah sudah termasuk perjalanan dinasdan tunjangan jabatan.

“Tanggal 1 Rp 16 juta, tanggal 5 Rp 59 juta kalau tidak salah,” ungkap Mertua Youtuber Atta Halilintar ini pada Rabu (15/9/2021) saat berbincang dalam kanal YouTube Akbar Faizal.

Selain gaji dan tunjangan, KD, sapaan populernya, mengaku juga menerima menerima dana aspirasi. Jumlah sangat besar, yakni mencapai Rp450 juta. Dana aspirasi itu dicairkan sebanyak lima kali dalam satu tahun.

Ia menuturkan, dana aspirasi tentu tidak diperuntukkannya secara pribadi, namun harus juga tersalur dan dipertanggungjawabkan atas aspirasi masyarakat di 20 tempat di daerah pemilihannya.

“Dana aspirasi memang wajib untuk kita. Namanya juga uang negara. Kami juga harus menyerap aspirasi di 20 titik. Itu kehadiran kita,” imbuh istri Raul Lemos ini.

Tak hanya gaji, tunjangan dan dana aspirasi, seorang anggota DPR RI juga masih akan menerima Rp140 juta selama delapan kali setahun. Jika ditotalkan, wakil rakyat bisa mendapat setidaknya Rp650 juta. Bahkan, masih ada potensi pendapatan lain, tergantung kinerja dan kunjungan yang dilakukan.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *