Tips Menentukan Jurusan dan Fakultas yang Tepat

  • Whatsapp
kuliah
Ilustrasi (Istimewa)

RAGAMKABAR.COM – Ketika kamu duduk di bangku kelas XII SMA, SMK, MA atau sederajat lainnya, mungkin itu salah satu masa-masa krusial buat kamu. Bukan cuma dituntut untuk lulus ujian nasional, setelah itu kamu harus menentukan apa yang mau kamu lakukan selanjutnya. Sebagian besar pasti ingin melanjutkan ke tingkat pendidikan yang lebih tinggi, yaitu kuliah. Nah, masalah selanjutnya adalah memilih fakultas yang paling tepat buat kamu *jeng jeng jeng*. Ini ada 5 tips ampuh buat kamu yang masih bingung menentukan fakultas pilihan kamu.

Cari tau passion kamu

Setiap orang pasti punya hobi atau minat yang berbeda. Sangat penting buat kamu mengetahui minat terbesar kamu sebelum memutuskan fakultas mana yang akan kamu pilih. Misalnya kamu tertarik dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan bahasa dan budaya, maka kamu bisa memilih fakultas kebudayaan atau bahasa atau misalnya kamu sangat tertarik dengan hal-hal yang berhubungan dengan komputer dan teknologi, maka kamu bisa memilih fakultas teknik atau teknologi informasi. Jangan sampai kamu memilih fakultas yang sebenarnya tidak kamu minati, karena ini akan jadi rumahmu selama minimal 4 tahun kedepan.

Mau jadi apa?

Cita-citamu tentunya akan berhubungan dengan fakultas yang harus kamu ambil. Jika kamu bercita-cita sebagai seorang pebisnis handal, maka kamu harus mengambil fakultas bisnis atau manajemen misalnya, bukan ke psikologi atau hubungan internasional. Pikirkan cita-citamu dengan baik. Jangan sampai kamu menyesal di tengah jalan dan tidak bisa menikmati fakultas yang kamu pilih. Jadi, kamu mau jadi apa?

Melihat kekurangan dan kelebihan kamu

Ini juga penting untuk mengetahui jurusan apa yang paling sesuai untuk kamu. Kamu harus bisa melihat kekurangan dan kelebihan yang kamu miliki. Misalnya kamu merasa lemah dalam menghadapi angka dan kalkulasi, maka hindari jurusan-jurusan seperti statistika, matematika atau bahkan manajemen akutansi yang tentunya akan selalu bersentuhan dengan angka. Selain mengetahui kekuranganmu, kamu juga harus sadar dengan kelebihanmu karena itu akan membantu kamu dalam menghadapi perkuliahan nantinya. Jadi, mulai lebih mengenali diri kamu sendiri ya!

Browsing!

Kalau kamu sudah mengetahui minat, cita-cita, kekurangan serta kelebihan diri kamu, langkah selanjutnya adalah browsing. Di masa sekarang, segala sesuatu lebih mudah kamu temukan dengan adanya bantuan teknologi yang menyediakan segala macam informasi yang kamu butuhkan. Carilah informasi sebanyak-banyaknya mengenai fakultas yang kamu minati, dari situ kamu akan mengetahui lebih banyak dan jadi lebih yakin dengan fakultas pilihanmu.

Banyak bertanya

Bertanya bisa jadi salah satu cara yang sangat membantu buat kamu yang masih kebingungan dalam menentukan pilihan. Mungkin kamu punya kakak, teman atau senior yang sudah lebih dulu kuliah dan berada di fakultas yang kamu minati. Kamu bisa bertanya kepada mereka mengenai perkuliahan dan apapun mengenai fakultas tersebut. Usahakan bertanya mengenai lebih dari satu fakultas kepada orang-orang sekitar kamu, jadi kamu bisa membandingkan dan akhirnya memilih fakultas yang paling cocok buat kamu.

Jadi, kamu sudah tau fakultas mana yang akan kamu tuju? Jangan terburu-buru dan pikirkan baik-baik dalam setiap prosesnya ya. Jangan sampai kamu malah menyesal ditengah-tengah. Lebih baik kamu bersusah-susah sekarang dalam menentukan pilihan lalu kamu bisa menjalani kehidupan perkuliahan kamu dengan menyenangkan dan berprestasi tentunya.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *