Ini 5 Negara Paling Dingin di Dunia

  • Whatsapp
negara terdingin di dunia
Sumber gambar: Oretzz.com

RAGAMKABAR.COM – Mungkin kita mengira kalo tempat paling dingin di muka bumi hanyalah Antartika. Well, sebenarnya ada juga tempat atau negara lainnya di dunia ini yang ternyata sangat dingin. Terutama ialah negara-negara yang berada di lingkar Kutub Utara. Anehnya, orang-orang tetap memilih bertahan hidup di tengah dingin yang bisa mencapai minus belasan derajat! So, apa aja sih negara terdingin di dunia tersebut?

RUSIA

Rusia masuk ke dalam salah satu negara yang paling dingin . Musim dingin di Rusia berjalan lebih lama dibandingkan musim panasnya, yakni 8 bulan untuk musim dingin, sementara musim panas berlangsung 4 bulan. Inilah sebabnya, banyak orang Rusia selalu mengenakan mantel dan topi berbulu demi menghangatkan tubuh mereka.

KANADA

Banyak yang bilang kalau Kanada berada di tengah zona pertempuran antara dunia dingin dari Kutub Utara dan udara hangat serta lembab dari Selatan. Soalnya, wilayah Kanada berjejer secara paralel, hingga menyebabkan negara ini menjadi dingin dan acao kali diselimuti salju. Oleh karena itu juga, Kanada akhirnya termasuk dalam negara kedua paing dingin setelah Rusia. Suhu terendah di negara ini mencapai -63o C.

MONGOLIA

Meskipun Mongolia berada jauh di bawah lingkar Kutub Utara, namun suhu udara di sana bisa mencapai -45 – 50o C di bulan November-Februari. Bahkan di siang hari pun, pakaian tebal yang berlapis-lapis akan terasa belum cukup untuk menghangatkan tubuh. Dengan keadaan yang seperti itu, mungkin nggak ya barang elektronik seperti kulkas masih digunakan?

FINLANDIA

Selanjutnya adalah Finlandia. Di negara ini, musim dingin terjadi sekitar 4-5 bulan dengan suhu hingga -33o C. Bayangkan, di titik paling utara Finlandia, matahari tidak terbit selama 51 hari di musim dingin. Sedangkan, di tengah musim panas matahari justru nggak terbenam selama 73 hari. Iklim tersebut dikarenakan Finlandia diapit oleh beberapa negara dingin seperti Rusia, Norwegia dan Swedia, serta seperempat dari wilayahnya pun terletak dalam lingkaran Arktik.

ISLANDIA

Rata-rata suhu udara Islandia akan mencapai titik beku di musim dingin, sehingga pantas untuk masuk ke dalam jajaran lima negara paling dingin di dunia. Meskipun sebagaian besarnya merupakan wilayah gletser dan padang salju, Islandia memiliki keunikan dibandingkan dengan dengan negara lainnya. Negara ini dapat menjadi negara terhangat akibat aliran Gulf Stream (aliran laut panas dari lautan utara Atlantik). Namun apabila ada bentrokan antara Gulf Stream dan udara Arktik, maka seketika cuaca dapat menjadi tak terduga.

Itu dia lima negara paling dingin di dunia. Ingin tinggal di sana?

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *