5 Negara yang ‘Hilang’ pada Abad 20

  • Whatsapp
peta eurasia
Sumber gambar: Rumah123.com

RAGAMKABAR.COM – Tahukah kamu kalau di awal abad ke-20, hanya ada beberapa lusin negara berdaulat yang independen di dunia? Meski sekarang udah ada hampir 200 negara yang diakui, namun ternyata ada juga lho yang ‘hilang’ di abad terakhir: pemerintah, bandara, dan semua milik negara tersebut lenyap. Sebelum kamu makin kaget, ini dia daftar 8 negara yang hilang di abad ke-20. Simak, ya!

JERMAN TIMUR
Jerman Timur merupakan sebuah negara sosialis yang pernah ada di Jerman sejak tahun 1949 hingga 1990. Setelah Revolusi Damai pada tahun 1989/1990 dan berakhirnya sosialisme di Jerman Timur, negara ini pun kemudian bergabung dengan Jerman Barat. Nah, dengan bersatunya Jerman pada tanggal 3 Oktober 1990, berakhirlah pula eksistensi Jerman Timur. Yang ada hanya Jerman. Tak ada lagi Timur dan Barat.

CEKOSLOWAKIA
Negara yang satu ini adalah sebuah negara yang terletak Eropa Tengah. Negara ini berdiri dari tahun 1918 hingga 1992. Nah, pada tanggal 1 Januari 1993, negara ini pecah secara damai menjadi Ceko dan Slowakia.

AUSTRIA-HONGARIA
Dikenal sebagai negara dualistik, negara ini berasal dari penggabungan antara bangsawan Hongaria dan monarki Habsburg dalam percobaan mencapai Kekaisaran Austria kuno pada tahun 1804. Sayangnya, kehidupan politik negara ini didominasi pertikaian. Akhirnya kekaisaran ini lenyap tahun 1918, berdekatan dengan Perang Dunia I.

TIBET
Meski tanahnya sendiri udah ada dari seribu tahun yang lalu, namun negara ini baru resmi diakui merdeka pada tahun 1913 di bawah Dalai Lama. Namun, tahun 1951 negara ini diduduki oleh pasukan Mao dari China yang menyebabkan tegangnya situasi di sana. Berhasil berontak pada tahun 1959, akhirnya pemerintah Tibet pun dibubarkan dan hingga kini hanya diakui sebagai wilayah yang tergabung dalam China.

UNI SOVIET REPUBLIK SOSIALIS (UNI SOVIET)
Uni Soviet adalah negara komunis yang pernah berdiri pada tahun 1922 sampai 1991 di Eurasia. Namun, akibat kekalahan yang dialami Uni Soviet dan negara-negara satelitnya di Eropa Timur terlibat dalam Perang Dingin, situasi ekonomi dan politik di negara tersebut pun berangsur kacau. Kini, Uni Soviet hanya sering kita dengar dalam buku-buku sejarah saja.

Nah, itulah beberapa negara yang sudah hilang di abad ke-20, masih banyak negara-negara lain yang sudah lenyap ditelan bumi.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *