5 Hal Wajib yang Harus Dilakukan Karyawan Baru

  • Whatsapp
kantor
Ilustrasi (Sumber: Suara.com)

RAGAMKABAR.COM – Mencari pekerjaan di negara ini sangat tidak mudah, apalagi mencari jodoh. Tapi hal yang tersulit setelah mendapat pekerjaan adalah beradaptasi.

Banyak orang yang gagal pada fase ini sehingga suasana tempat bekerja terasa tidak menyenangkan. Padahal masalah sebenernya bukan berada pada karyawan senior yg sudah lama bekerja, tapi pada bagaimana sikap kita dan cara kita berkomunikasi dengannya.

Berkenalan

Sudah menjadi aturan tak tertulis bagi kita untuk mengenalkan diri kepada karyawan lama jika kita baru bekerja pada sebuah kantor atau instansi. Usahakan untuk bisa membuat kesan yg menyenangkan pada karyawan lama dengan cara rendah hati, murah senyum, bahkan kalo perlu pasang tampang lugu.

Pahami Teman

Pahami karakter masing masing karyawan, agar kita tau cara yg tepat untuk menghadapinya. Untuk hal ini anda bisa membaca buku psikologi atau Tanya teman atau searching di google, saran saya lebih baik langsung searching di google karna kalo Tanya teman pasti jawabannya “lihat aja di google, banyak tuh”.

Dekati Atasan

Secara perlahan dan pasti cobalah untuk mendekati bagian HRD, munculkanlah hubungan emosional pada bagian HRD. Dengan mendekati bagian HRD anda akan mendpat banyak keuntungan, mulai dari tentang gaji, karyawan yg mau dipecat bahkan posisi kosong apa yg bisa anda tempati dan keuntungan lebihnya adalah jika ada pengurangan karyawan anda berada pada posisi aman.

Bisa diandalkan

Jadilah orang yg paling diandalkan, kita bisa perhatikan kebiasaan teman kerja kita yang sering teledor contohnya saat tsedang mau tanda tangan suatu berkas dia kelupaan pulpennya. Jika anda berada ditempat kejadian langsung saja tawarkan pulpen anda, dan secara tidak langsung anda jadi pahlwannya. Lakukanlah hal ini sering-sering, paling kerugiannya anda hanya akan kehilangan pulpen anda daripada andan kehilangan pekerjaan anda? Tidak sebanding kan?

Hangout

Ikuti kegiatan yg dianjurkan kantor atau kegiatan inisiatif karyawan. Seperti main futsal, spakbola, lari, bersepeda, nonton, mancing, travelling, nonton orang main futsal, travelling sambil lari, naik sepeda buat mancing, pokoknya banyak dah. Karna sangat menyenangkan rasanya jika kita memiliki teman satu kantor memiliki hobby yg sama, dan mereka pun juga merasa begitu.

Semoga tips ini bisa membantu anda untuk bisa bertahan didalam dunia kerja dan jadilah karyawan yg teladan, jujur, tidak korupsi, tidak bolos kerja, tidak pura-pura sakit dengan ijin dokter resmi, tidak memainkan nota pembelian kantor, tidak melakukan lembur tapi minta upah lembur, tidak minta naik gaji karna kekurangan dana buat bayar cicilan motor sport, selalu setia pada kekkasih dan tidak selingkuh, tidak nikung pacar temen sekantor, dan jangan lupa bersyukur jika sudah mendapat kerja.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *